Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Selasa, 18 September 2018

Dasar-Dasar Pembukuan Yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Pemilik Bisnis


Sebagai pemilik bisnis saya yakin Anda sangat ahli dalam membuat produk yang berkualitas dan juga pintar dalam menjalin hubungan dengan para pelanggan demi meraih kesuksesan bisnis yang selama ini Anda idam-idamkan. Namun sayangnya begitu dihadapkan dengan pembukuan saya yakin banyak dari Anda yang akan kesulitan.

Namun jika Anda benar seorang pemilik bisnis dan ingin bisnis Anda terus berkembang namun Anda tidak mengerti perbedaan tipe akun yang terdapat dalam pembukuan bisnis, maka Anda tidak akan dapat mengukur kesuksesan atau kegagalan yang ada pada bisnis Anda.

Apa Itu Pembukuan?

Pembukuan dalam dunia bisnis merupakan dasar dalam sistem akuntansi. Menurut pengertiannya, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur oleh para pemilik bisnis untuk mengumpulkan informasi keuangan seperti harta, kewajiban, modal, penghasilan, pengeluaran dan lain sebagainya.

Berikut dasar-dasar akun pembukuan umum yang wajib Anda ketahui dan implementasikan pada bisnis Anda yaitu :

  1. Cash Account. Akun satu ini merupakan akun paling dasar dalam pembukuan. Segala bentuk transaksi yang terjadi harus selalu tercatat pada akun ini. 
  1. Account Receivable. Jika perusahaan Anda menjual sebuah produk atau jasa dan belum mendapatkan pembayaran maka aktivitas ini akan masuk pada account receivable. Dengan melacak account receivable Anda dapat memastikan Anda mengirim invoice kepada pelanggan secara tepat waktu. 
  1. Inventory. Produk yang Anda miliki pada gudang itu bisa di ibaratkan sebagai uang yang harus selalu Anda kelola dan lacak keberadaannya. Pastikan pencatatan yang ada sesuai dengan fisik produk pada gudang Anda. 
  1. Account Payable. Tidak ada yang suka melakukan pengeluaran pada bisnis. Meski begitu beberapa hal tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, memiliki pandangan yang jelas tentang pengeluaran yang dilakukan sangatlah penting. 
  1. Sales. Akun ini adalah akun yang berisikan detail penjualan yang Anda lakukan. Dengan adanya akun ini Anda dapat melihat bagaimana pergerakkan penjualan produk Anda. 
  1. Purchase. Akun purchase adalah akun yang berisikan detail pembelian material atau produk jadi pada bisnis Anda. Akun satu ini sangatlah penting karena dengan akun ini Anda dapat menghitung laba kotor Anda dengan cara sales di kurang purchase. 
Pada dasarnya ke enam akun ini adalah dasar akun pembukuan yang harus Anda miliki dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Namun dengan seiring berjalannya waktu dan perkembangan bisnis, Akun ini akan semakin bertambah dan Anda akan semakin direpotkan.

Karena itu Anda akan sangat membutuhkan sebuah solusi yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola ke semua akun tersebut. Salah satu solusi yang ada adalah dengan menggunakan software akuntansi.

0 on: "Dasar-Dasar Pembukuan Yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Pemilik Bisnis"