Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Kamis, 16 November 2017

Mengetahui Area Fungsional Bisnis Yang Terdapat Dalam Bisnis



Bagian dari pertumbuhan bisnis adalah penyebaran departemen terpisah yang berfungsi dengan fokus dan jalur definitif tertentu dan terstruktur sesuai dengan kebutuhan bisnis tertentu dimana setiap departemen ini memiliki variasi tergantung pada jenis usaha yang di praktikkan.

Mengetahui berbagai bidang area fungsional bisnis adalah kebutuhan mendasar namun sangatlah utama bagi seorang wirausahawan terutama saat dia masih dalam tahap perencanaan.




Menurut businessdictionary.com, “area fungsional” didefinisikan sebagai pengelompokkan kegiatan atau proses berdasarkan kebutuhan mereka dalam menyelesaikan satu atau lebih tugas. Selain itu hal ini juga merupakan istilah alternatif untuk unit bisnis. Mari kita lihat daftarnya sebagai berikut:

Human Resource


Human resource merupakan aset terpenting dalam setiap bisnis. Jantung dari sebuah bisnis terletak pada sumber daya manusia (SDM) mereka. Dan HR departemen bertanggung jawab dalam melakukan perekrutan untuk menemukan kandidat dengan kemampuan, kualifikasi serta pengalaman yang dibutuhkan.

Sales


Dalam setiap bisnis, sales departemen memainkan bagian terbesar dalam kesuksesan suatu perusahaan. Sales departemen bertanggung jawab dalam menghasilkan pendapatan. Sales departemen ditugaskan untuk memastikan bahwa penjualan produk atau service yang ditawarkan dapat menguntungkan.

Accounting dan Finace


Bertanggung jawab dalam akunting, auditing, planning dan organizing keuangan perusahaan. Mereka juga bertanggung jawab dalam membuat laporan finansial perusahaan.

Distribution


Distribution departemen bertanggung jawab dalam menerima pesanan dan mengantarkan pesanan kepada para pelanggan.

Administrative / Management


Administrative dan management merupakan tulang punggung bagi bisnis. Fungsi dari administrative dan management departemen adalah untuk menangani bisnis, perencanaan, pembuat keputusan dan juga mereview finansial perusahaan.

Production


Production departement berhubungan dengan manufakture produk dimana input (bahan mentah) dirubah menjadi output melalui berbagai tahap proses produksi. Fungsi dari departement ini adalah untuk memastikan bahan mentah dapat dibuat menjadi sebuah produk secara efektif dan efisien dan dengan kualitas yang baik.

Operations


Operations departement bertanggung jawab dalam mengawasi, mendisain, dan mengontrol proses produksi dan mendesain ulang operasi bisnis dalam produksi barang atau servis.

IT Support


Komputer dan sistem informasi sangatlah penting di dunia bisnis sekarang ini. IT departemen juga merupakan tulang punggung agar operasional yang berhubungan dengan komputer dapat berjalan dengan baik. IT departement bertanggung jawab dalam menciptakan sebuah software untuk departemen lainnya, menyediakan bantuan operasional dalam penggunaan software dan data manajemen untuk semua area fungsional dalam perusahaan.

Dengan banyaknya area fungsional dalam satu perusahaan Anda mungkin akan menemukan kesulitan dalam mengelolanya sekaligus. Terlebih jika setiap departemen menggunakan software yang tidak terintegrasi satu sama lain. Karena itu penting juga bagi Anda untuk memastikan bahwa software bisnis yang Anda gunakan dapat terintegrasi sehingga Anda dapat lebih mudah dalam mencatat, melacak dan melihat laporan secara real time dan juga akurat seperti software Acumatica Cloud ERP. Optimalkan area fungsional bisnis Anda dengan sistem yang terintegrasi mulai dari sekarang.

0 on: "Mengetahui Area Fungsional Bisnis Yang Terdapat Dalam Bisnis"