Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Senin, 29 Januari 2018

Empat Aktivitas Penting Dalam Membentuk Proses Manajemen

Saya yakin anda pasti tahu bahwa proses manajemen adalah sebuah cara sistematis dalam melakukan sesuatu terutama dalam mengelola sebuah pekerjaan atau objek. Dapat dipastikan bahwa segala hasil tidak akan dapat diperoleh tanpa melalui proses. Hampir tidak ada hal yang tiba – tiba terjadi tanpa adanya suatu proses. Dan pastinya hal tersebut juga berlaku dalam manajemen.




Dalam pengerjaannya, proses manajemen memiliki empat aktivitas penting yang berfungsi sebagai kerangka dalam membentuk sebuah proses manajemen yang efektif dan efisien.

1. Perencanaan (Planning)

Aktivitas pertama adalah kegiatan perencanaan yang berperan untuk menetapkan apa yang harus dilakukan bisnis dan bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya. Perlu anda ketahui, perencanaan memiliki tiga komponen penting yang harus diperhatikan yaitu menetapkan sasaran perusahaan, mengembangkan sebuah strategi untuk mencapai sasaran dan merancang rencana – rencana taktis dan operasional untuk menjalankan strategi yang telah dibuat.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorgasisan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengkoordinir segala sumber daya serta aktivitas yang dimiliki bisnis agar menjadi lebih terstrukstur sehingga dapat beroperasi secara optimal. Bisa dikatakan hal ini adalah tahap dimana kita membagi tugas berdasarkan aspek pokok dalam bisnis seperti pemasaran, keuangan, produksi, administrasi dan lain sebagainya.

3. Pengarahan (Leading)

Setelah semuanya telah terstruktur dengan baik, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kita harus dapat memberikan pengarahan yang baik agar setiap aspek mengerti tentang apa yang harus mereka lakukan. Dengan kata lain kita harus pintar agar kita dapat mempengaruhi sekaligus memberikan motivasi agar mereka dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan.

4. Pengendalian (Controlling)

Pengendalian ini dilakukan untuk memastikan apakah kegiatan yang telah dilakukan telah sesuai dengan apa yang direncanakan. Pengendalian merupakan kegiatan yang mengukur, membandingkan, menemukan penyimpangan serta memperbaiki kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Karena jika tidak kita kendalikan setiap kegiatan yang terjadi, kita mungkin tidak akan pernah tau ke arah mana sebenarnya bisnis kita sedang berjalan.

0 on: "Empat Aktivitas Penting Dalam Membentuk Proses Manajemen"