Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Senin, 04 Desember 2017

Mengapa Banyak Bisnis Yang Mulai Menggunakan Sistem Manajemen Gudang?

Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, Warehouse Management System (WMS) adalah sebuah sistem manajemen gudang yang mampu mengoptimalkan semua operasional pergudangan. Dan biasanya, sistem manajemen gudang ini selalu menjadi bagian utama dari fungsi distribusi yang jauh lebih besar dan lebih kompleks.




Namun sekarang, sebagian besar UKM pun mulai menyadari akan pentingnya sistem manajemen gudang dengan skenario logistik terintegrasi, pengiriman dihari yang sama, dan pemenuhan e-commerce.

Pelaksanaan manajemen gudang memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keungulan kompetitif dengan meminimalkan biaya tenaga kerja, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan akurasi inventori, meningkatkan fleksibilitas dan daya tanggap yang cepat.

Sistem manajemen gudang memungkinkan perusahaan mengelola persediaan secara real time dengan data terbaru. Dengan bantuan dari solusi aplikasi yang memiliki mobilitas tinggi, Anda akan dapat meningkatkan tingkat pelacakan aliran sistem di manapun Anda berada.

Berikut adalah beberapa manfaat sistem manajemen gudang yang bisa Anda peroleh untuk bisnis logistik Anda.

Perputaran persediaan yang lebih cepat


Sistem manajemen gudang yang baik dapat meminimalkan waktu tunggu Anda dengan membatasi pergerakan inventori dan meningkatkan keandalan catatan inventori sehingga mendukung lingkungan inventori secara real time.

Karena itulah persyaratan untuk safety stock dapat diminimalkan sehingga dapat meningkatkan keseluruhan perputaran persediaan dan juga tujuan pengelolaan.

Pemanfaatan ruang gudang secara efektif


Tidak hanya meminimalkkan kebutuhan safety stock, sistem manajemen gudang juga secara teratur dapat memperbaiki ruang gudang yang tersedia secara sistematis dan efektif untuk menemukan produk dalam area penerimaan, pengemasan dan pengiriman. Dengan hal ini Anda dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya penyimpanan persediaan.

Pengurangan pada dokumen persediaan


Eksekusi sistem manajemen gudang yang real time dapat sangat meminimalkan dokumen yang secara konvensional terkait dengan fungsi gudang dan juga memastikan arus inventori dan informasi yang tepat waktu. Semua informasi yang dipelihara secara tradisional seperti hard copy dan lain – lain sekarang dapat digunakan secara digital.

Peningkatan pelayanan pelanggan


Dengan mengoptimalkan proses yang benar dari pesanan produk hingga pengiriman, bisnis dapat berjalan lebih efisien dan akurat dalam menemukan ketersediaan barang dan tanggal pengiriman yang tepat. Selain itu, secara otomatis dapat mengenali dan melepaskan jika ada persediaan yang dipesan ulang.

Meningkatkan produktivitas tenaga kerja


Sistem ini dapat membantu dalam mengoptimalkan aliran material yang pada dasarnya, dengan mengintegrasikan berbagai pilihan inventori menjadi satu dengan “Cross-docking” dan juga mengurangi pembelian sebagai akibat akurasi pengiriman yang meningkat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan warehouse management system. Setelah Anda memahami pentingnya peran dari sebuah warehouse management system dalam bisnis logistik, sekarang saatnya memilih sistem yang tepat untuk fungsi gudang Anda.

Untuk mengetahui warehouse management system yang kami miliki dan ketahui keunggulannya hubungi kami di (021) 53675015 atau email kami di sales@8thinktank.com

1 on: "Mengapa Banyak Bisnis Yang Mulai Menggunakan Sistem Manajemen Gudang?"
  1. penggunaan software manajemen gudang emang bakal ngebantu banget buat ngelola pergerakan gudang di era bisnis seperti sekarang ini.

    BalasHapus