Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Jumat, 08 Desember 2017

Pengertian Account Receivable (AR) dan Account Payable (AP)

Dalam perusahaan manufaktur tentunya anda mengetahui bahwa agar perusahaan dapat berjalan dengan baik, selain membutuhkan proses produksi, perusahaan juga membutuhkan proses jual beli demi kelancaran cash flow atau arus keuangan perusahaan.

Dalam dunia keuangan (finansial) kita menyebut hal ini dengan istilah Account Receivable (AR) dan Account Payable (AP).


Apa itu Account Receivable dan Account Payable


Account Payable (AP)


Account payable adalah transaksi – transaksi yang menjadi dasar perusahaan dalam mengeluarkan uang. Biasanya, akun ini berisikan akun yang merupakan hasil pembelian.

Proses pencatatan AP sendiri dimulai setelah perusahaan kita mengakui utang yang dimiliki perusahaan terhadap perusahaan lain atau vendor. Perlu anda ketahui, proses pencatatan akun ini tidak akan terjadi saat mengeluarkan perintah pembelian, melainkan saat barang sudah diterima. Dan saat itulah utang kita tercata pada vendor terkait. Hal inilah yang akan menjadi sebuah transaksi yang menjadi dasar kita mengeluarkan uang atau yang kita sebut dengan AP.

Lalu apakah penyebab tercatatnya AP hanya itu saja? Tentu tidak. Terdapat kemungkinan lain seperti disaat kita melakukan Down Payment atau bahkan pembayaran sebelum barang diterima atau Cash Before Delivery (CBD). Intinya adalah, saat kita mencatat AP, maka pada saat itu pula kita memiliki alasan untuk mengeluarkan uang.


Account Receivable (AR)


Account Receivable merupakan kebalikan dari account payable. Dengan kata lain, AR adalah catatan transaksi yang menjadi dasar kita menerima uang.

Dalam proses sales marketing, saat kita membuat perintah penjualan, AR tidak akan tercatat. AR baru akan tercatat ketika customer telah membeli dengan DO atau bahkan langsung membayar semuanya di muka. Namun jika pembayaran dari customer dilakukan setelah barang mereka terima, maka proses AR hanya akan tercatat ketika kita mengeuarkan invoice untuk mereka.

Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa AP terjadi dikarenakan kita membeli suatu barang atau jasa, sedangkan AR dikarenakan kita menjual suatu barang atau jasa.

5 on: "Pengertian Account Receivable (AR) dan Account Payable (AP)"