Keputusan mengenai saluran distribusi dalam pemasaran
merupakan salah satu keputusan yang paling kritis yang biasa dihadapi oleh
manajemen. Kenapa? Karena apapun saluran yang akan dipilih dapat mempengaruhi
seluruh keputusan pemasaran yang lainnya.
Maka dari itulah, dalam rangka menyalurkan barang ataupun
jasa dari produsen kepada konsumen perusahaan harus benar – benar dapat memilih
atau menyeleksi saluran – saluran distribusi yang hendak digunakan. Sebab
kesalahan apapun yang dapat timbul dalam saluran distribusi ini dapat
menghambat usaha penyaluran barang atau jasa perusahaan tersebut.
Namun Apa Sebenarnya Maksud Dari Saluran Distribusi Ini?
Distribusi barang merupakan salah satu bagian dari banyaknya
kegiatan perusahaan dimana pada tahap ini merupakan kesempatan bagi perusahaan
untuk dapat menjual produknya.
Sementara yang dimaksud saluran distribusi disini adalah
sekelompok pedagang atau agen perusahaan atau lembaga yang mampu membantu dalam
menyalurkan produk dari produsen kepada para konsumen.
Strategi Distribusi
Untuk dapat menyalurkan barang atau jasa yang perusahaan
Anda miliki, pastinya Anda akan sangat membutuhkan sebuah strategi distribusi
yang tepat sehingga anda dapat mengoptimalkan keuntungan yang bisa Anda
peroleh.
Berikut adalah metode distribusi yang dapat dipilih dan
disesuaikan dengan jenis bisnis Anda.
- Strategi Distribusi Insentif
Distribusi insentif adalah sebuah strategi distribusi yang menempatkan barang dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di berbagai tempat. Tehnik ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki produk kebutuhan sehari – hari dimana tingkat pemakaian atau pemesanannya sangat tinggi seperti sembako, rokok, sikat gigi, odol, sabun dan lain sebagainya. - Strategi Distribusi Selektif
Distribusi selektif adalah strategi distribusi yang hanya memasarkan barang dagangan atau produknya pada daerah pemasaran tertentu dengan memilih beberapa distributor atau pengecer pada suatu daerah. Contoh saluran distribusi selektif antara lain produk elektronik, produk kendaraan, sepeda, pakaian, buku dan lain sebagainya. - Strategi Distribusi Eksklusif
Distribusi eksklusif adalah strategi distribusi yang memberikan hak distribusi suatu produk hanya pada satu atau dua distributor pada tempat tertentu. Barang yang ditawarkan oleh jenis distribusi eksklusif ini biasanya adalah barang dengan kualitas dan harga yang tinggi. Contoh dari jenis distribusi ini adalah showroom mobil, factory outlet, restoran waralaba.
Apapun jenis strategi yang Anda gunakan, sumber penghasilan
utama sebuah perusahaan berasal dari hasil penjualan produk yang di hasilkan.
Itulah sebabnya kenapa strategi distribusi sangat penting demi kelangsungan
hidup perusahaan.
Berkaitan dengan strategi distribusi dalam bisnis,
sebenarnya ada beberapa sistem atau software distribusi yang dapat digunakan
seperti software akuntansi Acumatica ERP yang memiliki modul distribution di
dalamnya.
0 on: "Fungsi Dari Saluran Distribusi Dan Jenis Strategi Yang Biasa Digunakan"