Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Senin, 06 Juni 2016

Fungsi Dari Saluran Distribusi Dan Jenis Strategi Yang Biasa Digunakan

Keputusan mengenai saluran distribusi dalam pemasaran merupakan salah satu keputusan yang paling kritis yang biasa dihadapi oleh manajemen. Kenapa? Karena apapun saluran yang akan dipilih dapat mempengaruhi seluruh keputusan pemasaran yang lainnya.

Maka dari itulah, dalam rangka menyalurkan barang ataupun jasa dari produsen kepada konsumen perusahaan harus benar – benar dapat memilih atau menyeleksi saluran – saluran distribusi yang hendak digunakan. Sebab kesalahan apapun yang dapat timbul dalam saluran distribusi ini dapat menghambat usaha penyaluran barang atau jasa perusahaan tersebut.

Namun Apa Sebenarnya Maksud Dari Saluran Distribusi Ini?

Distribusi barang merupakan salah satu bagian dari banyaknya kegiatan perusahaan dimana pada tahap ini merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk dapat menjual produknya.

Sementara yang dimaksud saluran distribusi disini adalah sekelompok pedagang atau agen perusahaan atau lembaga yang mampu membantu dalam menyalurkan produk dari produsen kepada para konsumen.

Strategi Distribusi

Untuk dapat menyalurkan barang atau jasa yang perusahaan Anda miliki, pastinya Anda akan sangat membutuhkan sebuah strategi distribusi yang tepat sehingga anda dapat mengoptimalkan keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Berikut adalah metode distribusi yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan jenis bisnis Anda.
  1. Strategi Distribusi Insentif

    Distribusi insentif adalah sebuah strategi distribusi yang menempatkan barang dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di berbagai tempat. Tehnik ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki produk kebutuhan sehari – hari dimana tingkat pemakaian atau pemesanannya sangat tinggi seperti sembako, rokok, sikat gigi, odol, sabun dan lain sebagainya.

  2. Strategi Distribusi Selektif

    Distribusi selektif adalah strategi distribusi yang hanya memasarkan barang dagangan atau produknya pada daerah pemasaran tertentu dengan memilih beberapa distributor atau pengecer pada suatu daerah. Contoh saluran distribusi selektif antara lain produk elektronik, produk kendaraan, sepeda,  pakaian, buku dan lain sebagainya.

  3. Strategi Distribusi Eksklusif

    Distribusi eksklusif adalah strategi distribusi yang memberikan hak distribusi suatu produk hanya pada satu atau dua distributor pada tempat tertentu. Barang yang ditawarkan oleh jenis distribusi eksklusif ini biasanya adalah barang dengan kualitas dan harga yang tinggi. Contoh dari jenis distribusi ini adalah showroom mobil, factory outlet, restoran waralaba.

Apapun jenis strategi yang Anda gunakan, sumber penghasilan utama sebuah perusahaan berasal dari hasil penjualan produk yang di hasilkan. Itulah sebabnya kenapa strategi distribusi sangat penting demi kelangsungan hidup perusahaan.

Berkaitan dengan strategi distribusi dalam bisnis, sebenarnya ada beberapa sistem atau software distribusi yang dapat digunakan seperti software akuntansi Acumatica ERP yang memiliki modul distribution di dalamnya.

0 on: "Fungsi Dari Saluran Distribusi Dan Jenis Strategi Yang Biasa Digunakan"