Seandainya pelaku bisnis tidak banyak seperti sekarang ini,
pastinya yang namanya persaingan pasti tidak akan berjalan seketat ini dan
pastinya, hal yang namanya keunggulan kompetitif belum menjadi hal yang sangat
penting untuk di bahas. Namun nyatanya semakin lama pergerakkan persaingan yang
terjadi di dunia bisnis semakin hari malah semakin ketat.
Pertumbuhan persaingan ini tidak lain dan tidak bukan
disebabkan oleh pertumbuhan para pelaku bisnis yang sangat signifikan. Bahkan
para mahasiswa sekarang ini sudah tertarik dengan dunia kewirausahaan. Hal ini tentunya
menyebabkan persaingan di dunia bisnis akan semakin berat.
Saya yakin kita sudah sering kali melihat berbagai macam
persaingan dari berbagai macam jenis usaha. Biasanya persaingan ini terjadi
antara 2 jenis yaitu persaingan yang terjadi secara harga atau bersaing secara
kualitas atau nilai tambah produk. Namun ketika kita membicarakan mengenai
keunggulan kompetitif tentunya kita akan memilih untuk bersaing secara kualitas
atau nilai tambah produk. Kenapa?
Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Untuk Meningkatkan
Keuntungan
Dengan meningkatkan keunggulan kompetitif secara kualitas
kita akan semakin memonopoli pasar karena kita menawarkan suatu produk atau
jasa yang tidak dimiliki di tempat lain. Dengan begitu kita dapat meningkatkan
pendapatan menjadi berkali – kali lipat.
Bukan hal yang mudah memang, terlebih dengan kemudahan akses
serta aliran informasi yang ada sekarang ini, sering kali nilai kompetitif
tersebut tidak dapat berlangsung lama. Hal ini lah yang memaksa kita untuk
dapat terus berimprovisasi terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.
4 Hal yang harus diperhatikan dalam membangun nilai
keunggulan kompetitif
Bukan hal yang mustahil bagi kita dalam menciptakan sebuah
terobosan baru bagi kelangsungan bisnis yang kita miliki. Meski dengan ketatnya
persaingan yang terjadi, selama kita dapat terus berinovasi pasti kita dapat
terus menguasai pasar. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
membangun nilai kenggulan kompetitif bagi bisnis Anda.
- Uniqueness Offering
Pastikan produk atau jasa yang kalian tawarkan berbeda dari yang lain. Tunjukkan kelebihan dari service yang dapat diberikan kepada para calon customer.
- Rareness
Mungkin point satu ini akan menjadi point yang sangat sulit. Karena kita harus bisa memastikan apakah terobosan terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan dapat dengan mudah tergantikan atau tidak atau bisa di jadikan ciri khas atau tidak. Sebagai contoh banyak yang membangun bisnis dengan menawarkan makanan burger namun belum ada yang bisa menandingi racikan burger seperti di Burger King.
- Imitability
Kemudahan dalam mengakses informasi sekarang ini bisa menjadi kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Semisal saja kita telah menawarkan sebuah produk atau jasa yang kita yakin berbeda dari yang lain. Berkat kemudahan akses, informasi ini bisa cepat tersebar, namun sayangnya berkat kemudahan akses ini jugalah kemudian muncul orang – orang yang meniru kreatifitas kita. Namun bukan berarti hal tersebut dapat mematikan kreatifitas kita. Teruslah berkembang dan berinovasi. Dengan begitu orang akan mengetahui siapa yang sebenarnya kreatif dan siapa yang hanya peniru.
- Right Business Software
Kita telah sama – sama mengetahui bahwa teknologi telah berperan banyak terhadap perkembangan dunia bisnis. Sekarang bahkan telah hadir sebuah software khusus yang dibuat untuk dapat membantu kita dalam mengelola berbagai aspek bisnis yang kita miliki dalam satu sistem seperti Acumatica Cloud ERP.
0 on: "4 Tips Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bisnis"