Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Kamis, 25 Januari 2018

3 Tips Cara Tepat Memperbaiki Arus Kas Bisnis Anda

Percaya atau tidak, arus kas merupakan salah satu permasalahan yang paling sering ditemukan oleh para pengusaha. Biasanya, masalah utama yang sering dialami adalah arus kas defisit dimana pengeluaran melebihi pendapatan sehingga menyebabkan arus kas tidak seimbang.


Kebanyakan pengusaha mengalami permasalahan ini karena kurangnya pemahaman mereka tentang bagaimana cara mengelola arus kas yang benar. Perlu anda ketahui bahwa arus kas sangatlah mempengaruhi jalan atau tidaknya sebuah kegiatan operasional dalam bisnis. oleh karena itu, ketika bisnis memiliki masalah arus kas, sebagai seorang pengusaha yang ingin sukses sudah selayaknya anda memperbaiki arus kas perusahaan anda.

1. Menekan Pengeluaran

Ketika pengeluaran lebih besar dari pendapatan hal itu menandakan bahwa anda sedang mengalami krisis arus kas. Biasanya hal ini terjadi karena anda terlalu mementingkan keinginan dibanding dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Salah satu cara menangani permasalahan ini adalah dengan menekan pengeluaran dengan cara mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan anda. Disinilah peran arus kas sangat dibutuhkan. Dengan melihat laporan arus kas, anda dapat melihat, memilah dan mengurangi pegeluaran yang tidak dibutuhkan.

2. Mengevaluasi bisnis

Tidak hanya pengeluaran lebih besar dari pendapatan yang dapat merusak arus kas. Jumlah pengeluaran dan pendapatan yang seimbang juga dapat membuat krisis arus kas. Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda mulai mengevaluasi bisnis anda dan mebuat sebuah inovasi baru.

Dalam tahap ini, laporan keuangan akan sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya laporan keuangan, anda bisa membuat sebuah keputusan dengan mudah dan tepat untuk menghadapi persaingan pasar.

3. Hindari penumpukan stock

Hal ini juga biasa terjadi pada pengusaha pemula. Mereka berpikir sebaiknya mereka menyimpan stock banyak dan berlebih agar mereka tidak perlu repot – repot mengisi stock ulang jika stock telah habis.

Oleh karena itu, penting bagi anda memiliki sebuah laporan persediaan yang bisa memudahkan anda dalam mengelola stock yang anda miliki. Selain itu hindari stock berlebih untuk mencegah kerusakan barang selama disimpan dalam persediaan anda.

Selain ketiga cara diatas anda juga dapat memperbaiki arus kas anda dengan menggunakan sebuah software yang dapat mencatat segala transaksi dan mampu memberikan laporan yang cepat dan tepat sehingga dapat mengurangi resiko kegagalan dalam bisnis anda

0 on: "3 Tips Cara Tepat Memperbaiki Arus Kas Bisnis Anda"