Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Senin, 05 Februari 2018

Pengertian Serta Jenis – Jenis Jurnal Yang Terdapat Dalam Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi, kita mengenal dengan sebutan jurnal. Jurnal merupakan sebuah catatan transaksi akuntansi yang terjadi dalam bisnis. Semua transaksi tersebut biasanya dicatat dan dimasukkan kedalam jurnal dengan menggunakan salah satu metode pembukuan yaitu double-entry atau single entry. 




Jurnal memiliki fungsi untuk menyediakan catatan lengkap dari semua transaksi yang terdapat dalam bisnis sebagai referensi untuk masa mendatang. Sedangkan tujuan dari jurnal akuntansi ini sendiri adalah untuk menunjukkan pengaruh yang dihasilkan dari setiap transaksi yang terjadi. 

Jenis – Jenis Jurnal Dalam Akuntansi

Setiap bisnis biasanya memiliki cara tersendiri dalam mencatat setiap transaksi yang mereka miliki. Namun secara umum, jurnal dalam akuntansi di bagi menjadi 2 bagian yaitu.

1. Jurnal Umum

Jurnal umum adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi bisnis secara terperinci dan menyeluruh yang dimasukkan setelah melakukan analisa terhadap bukti – bukti transaksi yang ada.

2. Jurnal Khusus

Jurnal khusus adalah sebuah jurnal yang dibuat dan di kelompokkan sesuai dengan bentuk transaksi yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian.

Berikut beberapa tipe jurnal khusus

· Jurnal Pembelian (Purchase Journal) – jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap pembelian yang dilakukan.

· Jurnal Penjualan (Sales Journal) – Jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap penjualan yang dilakukan.

· Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal) – jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap pegeluaran kas yang dilakukan

· Jurnal Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal) – jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap penerimaan kas dalam bisnis.

Untuk dapat membuat sebuah jurnal akuntansi yang baik, maka anda akan sangat disarankan untuk mengetahui dan memahami tentang dasar akuntansinya terlebih dahulu. Jika anda telah berhasil memahami dasar dari akuntansi dan mengerti akan fungsi dari setiap jurnal yang ada, hal tersebut dapat membantu anda dalam pembuatan sebuah jurnal akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

0 on: "Pengertian Serta Jenis – Jenis Jurnal Yang Terdapat Dalam Akuntansi"