Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Selasa, 17 Mei 2016

Berbagai Bidang Di Dalam Dunia Akuntansi Yang Perlu Diketahui

Kebutuhan akan informasi keuangan semakin berkembang dan bertambah yang mengakibatkan kebutuhan akan sebuah informasi keuangan tersebut secara lengkap, cepat dan juga akurat.

Kecenderungan yang disebabkan oleh berkembangnya kebutuhan perusahaan seperti timbulnya sistem perpajakan dan bertambahnya pengaturan-pengaturan pemerintah terhadap kegiatan perusahaan menjadi penyebab akuntansi memiliki berbagai macam bidang.

bidang bidang akuntansi


Bidang – Bidang Akuntansi
  1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

    Bidang akuntansi ini berhubungan dengan suatu unit ekonomi secara keseluruhan dimana penyajiannya meliputi laporan keuangan untuk pihak di luar perusahaan seperti investor dan lain sebagainya.

  2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)

    Bidang akuntansi ini adalah bidang yang melakukan pemeriksaan terhadap hasil pencatatan atau laporan keuangan suatu badan baik itu perusahaan ataupun pemerintah. Tujuan utama dari auditing adalah supaya informasi akuntansi yang disajakan benar dapat di percaya.

  3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

    Bidang akuntansi ini bertujuan untuk memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh para manajemen untuk menjalankan usahanya. Kegunaan dari akuntansi manajemen ini sendiri adalah untuk mengendalikan pergerakan perusahaan, monitoring arus kas, serta menilai alternatif dalam pengambilan keputusan.

  4. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

    Bidang akuntansi biaya adalah suatu bidang yang mencatat, menghitung serta menganalisa data biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam menentukan besarnya harga pokok produksi suatu barang atau produk.

  5. Akuntansi Perpajakan

    Perpajakan adalah suatu bidang akuntansi yang terfokus pada pembayaran pajak yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau perorangan kepada pemerintah.

  6. Peranggaran (Budgetting)

    Peranggaran adalah suatu bidang akuntansi yang kegiatannya adalah menyusun anggaran baik berupa pendapatan ataupun biaya dasar yang dapat dijadikan pedoman bagi perusahaan, perorangan ataupun pemerintah dalam melakukan kegiatan finansial di masa mendatang

  7. Akuntansi Pemerintahan (Govermental Accounting)

    Akuntansi pemerintahan adalah akuntansi yang diterapkan di lembaga pemerintahan yang berfungsi sebagai penyedia laporan, pengendalian serta pengawasan keuangan pemerintahan pada suatu negara.

  8. Sistem Akuntansi (Accounting System)

    Bidang akuntansi ini merupakan suatu bidang yang melaksanakan kegiatan dengan merancang dan melakukan perencanaan agar kegiatan akuntansi dapat berjalan dengan aman, efektif dan juga efisien.
Untungnya berkat perkembangan teknologi yang ada sekarang ini, semua bidang akuntansi tersebut dapat dikerjakan hanya dengan menggunakan satu software saja. Software tersebut biasa di kenal dengan software akuntansi.

Software akuntansi adalah sebuah software yang dirancang khusus untuk memudahkan segala jenis pekerjaan akuntansi dalam urusan pengolahan data. Selain itu, software akuntansi ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan lain dengan memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh software tersebut.

Meski bidang yang dimiliki akuntansi sangatlah banyak Anda tidak perlu khawatir berkat kemudahan yang ditawarkan oleh sebuah software akuntansi

1 on: "Berbagai Bidang Di Dalam Dunia Akuntansi Yang Perlu Diketahui"