Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Senin, 16 Mei 2016

2 Tipe Akuntansi Inilah Yang Dapat Mengembangkan Bisnis Anda

Semakin banyaknya kepentingan serta keputusan yang harus diambil dalam sebuah bisnis atau perusahaan, memiliki sebuah data informasi akan menjadi titik yang sangat vital. Tanpa adanya data yang dibutuhkan kita tidak akan dapat mengambil keputusan yang tepat dan benar bagi perusahaan atau bisnis yang sedang kita jalankan.

Terlebih, informasi yang dibutuhkan saat ini bukan hanya sekedar atau terbatas pada penyediaan laporan untuk manajemen, melainkan kedepannya akan menjadi sebuah alat utama dalam pengambilan keputusan strategis untuk meramalkan laba perusahaan hingga keputusan akuisisi dan merger.

tipe akuntansi


Meski ilmu akuntansi berkembang dengan cepat, namun dasarnya masih sama. Akuntansi terbagi menjadi 2 tipe yaitu Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen. Kedua tipe ini muncul dikarenakan dinamika dunia bisnis yang terus berkembang agar dapat memenuhi semua kebutuhan para penggunanya.

Pada kedua tipe akuntansi tersebut terdapat perbedaan yang paling mendasar pada Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen seperti :
  • Pengguna laporan keuangan dan tujuannya
  • Ruang lingkup informasi
  • Fokus dari informasi keuangan
  • Rentang waktu
  • Kriteria bagi informasi akuntansi
  • Sifat dari informasi keuangan

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan pada dasarnya bertujuan untuk menyajikan informasi keuangan perusahaan bagi pihak yang berada di luar perusahaan seperti pemegang saham, kreditur, karyawan, analis keuangan dan lain sebagainya.

Ruang lingkup informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan dalam laporannya meliputi neraca, laporan laba rugi ataupun laporan perubahan ekuitas. Karena laporan tersebut akan digunakan oleh pihak luar, maka informasi yang dihasilkan lebih berbentuk ringkasan terhadap kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen memfokuskan diri dalam menyediakan informasi keuangan untuk pihak manajemen atau pihak internet perusahaan. Dengan adanya data laporan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi manajemen sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen untuk mengambil keputusan.

Berbeda dengan ruang lingkup akuntansi keuangan, akuntansi manajemen cenderung lebih sempit namun lebih detail karena informasi yang dihasilkan bertujuan untuk melaporkan suatu bagian perusahaan seperti pemasaran, produksi dan yang lain sebagainya.

Namun apapun tipe akuntansinya, semua bisa dilakukan menggunakan satu software yang dapat mencakup semua pekerjaan akuntansi. Software yang biasa dikenal sebagai software akuntansi ini menawarkan kepada Anda berbagai fitur yang dapat memudahkan pekerjaan seorang akuntan serta dapat membantu kita dalam mengembangkan sebuah bisnis dan meningkatkan nilai kompetisi kita di hadapan para kompetitor bisnis.

Jadi sangat penting untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis Anda untuk memiliki sebuah software yang mampu meningkatkan nilai bisnis Anda.

0 on: "2 Tipe Akuntansi Inilah Yang Dapat Mengembangkan Bisnis Anda"