Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Senin, 30 Mei 2016

Kenapa Manajemen Keuangan Itu Penting Untuk Bisnis? Cari Tau Alasannya Disini!

Bagi Anda pemilik sebuah bisnis kecil (UKM) atau mungkin baru ingin memiliki sebuah bisnis, penting untuk kalian mengetahui dasar – dasar penting yang harus kalian pahami dalam mengelola bisnis tersebut. Salah satunya adalah manajemen keuangan.

Manajemen  keuangan merupakan salah satu dari sekian banyak ilmu manajemen yang perlu kalian ketahui untuk dapat sukses dalam menjalankan bisnis Anda. Pengertian dari manajemen keuangan ini sendiri adalah sebuah aktivitas entitas bisnis yang berhubungan dengan pengelolaan dana atau aset yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.



Mungkin Anda berpikir manajemen keuangan itu sama saja seperti akuntansi. Mungkin memang benar. Namun Anda juga harus tau bahwa manajemen keuangan tidak hanya sekedar melakukan pencatatan akuntansi saja.

Tujuan utama manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai – nilai atau value terhadap aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan .

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Ruang lingkup manajemen keuangan terdiri dari
  1. Keputusan Pendanaan meliputi kebijakan manajemen  dalam pencarian dana perusahaan, misalkan kebijakan penerbitan sejumlah obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek ataupun panjangnya perusahaan yang bersumber dari internal ataupun eksternal.
  2. Keputusan Investasi meliputi kebijakan penanaman modal perusahaan kepada aktiva tetap atau fixed assets seperti gedung, tanah, peralatan dan mesin ataupun aktiva finansial seperti surat berharga seperti saham dan obligasi.
  3. Keputusan Pengelolaan Aset meliputi kebijakan pengelolaan aset yang dimiliki secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi utama dari manajamen keuangan adalah
  1. Planning atau perencanaan keuangan meliputi perencanaan arus kas dan rugi laba
  2. Budgeting atau anggaran yaitu perencanaan penerimaan ataupun pengalokasian anggaran biaya secara efisien sehingga dapat memaksimalkan penggunaan dana yang dimiliki.
  3. Controlling atau pengendalian keuangan dengan melakukan evaluasi serta perbaikan atas sistem keuangan yang dimiliki perusahaan
  4. Auditing atau pemeriksaan keuangan dengan melakukan auditing internal atas keuangan perusahaan agar sesuai dan tidak terjadi penyimpangan.
  5. Reporting atau pelaporan keuangan dengan menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan.

Itulah ruang lingkup beserta fungsi yang dimiliki oleh sebuah manajemen keuangan. Terlihat rumit memang, namun berkat bantuan teknologi, sekarang sudah terdapat sebuah software yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam melakukan manajemen keuangan dengan mudah, cepat, efisien dan juga efektif.


Anda dapat menemukan software tersebut di berbagai tempat, salah satu software yang ada adalah Software ERP dimana software ini tidak hanya menangani manajemen keuangan namun juga dapat digunakan untuk melakukan manajemen lain seperti produksi, distribusi, persediaan dan lain sebagainya.

1 on: "Kenapa Manajemen Keuangan Itu Penting Untuk Bisnis? Cari Tau Alasannya Disini!"
  1. Software Menejemen Akuntansi dan Laporan Keuangan Lengkap dan Mudah.
    Langsung saja coba aplikasinya disini Software Menejemen Akuntansi.

    BalasHapus