Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Kamis, 12 Mei 2016

Memulai Bisnis Tanpa Proses Bisnis Itu Sama Saja Bohong

Proses bisnis dapat di ibaratkan sebagai sebuah nyawa bagi perusahaan karena proses bisnis merupakan perangkat bisnis yang mempunyai peranan penting dalam menggerakkan, mengarahkan serta mempercepat laju perusahaan tersebut. Nantinya, kinerja suatu perusahaan akan sangat bergantung pada efektifitas dan efisiensi proses bisnis tersebut. Karenanya penting untuk kita membuat sebuah proses bisnis yang mampu menunjang pergerakkan bisnis.

Nah sebuah proses bisnis ini baru akan berhasil ketika ia mampu mencapai tujuan secara efisien dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada secara efektif.

proses bisnis


Biasanya, proses suatu bisnis dapat dibuat setelah kita dapat menentukan sebuah visi dan misi yang akan dijalankan, dan untuk menentukan hal tersebut, kita dapat memperhatikan beberapa hal berikut.
  1. Identifikasi kebutuhan akan sebuah bisnis

    Langkah pertamayang harus di perhatikan adalah mengidentifikasi kebutuhan akan bisnis yang dimiliki. Langkah yang paling efektif untuk halini adalah untuk melakukan audit untuk mengidentifikasi resiko yang sangat mungkin terjadi pada bisnis kita. Dengan begitu kita bisa mengetahui area mana yang akan menjadi sebuah prioritas untuk upaya pengembangan bisnis nantinya.

  2. Menganalisa proses terkini

    Ketika kita sudah menemukan proses bisnis seperti apa yang akan dikembangkan, hal selanjutnya adalah menganalisa prosedur-prosedur yang di terapkan saat ini. Dengan begitu kita akan mengerti bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai prosedur seperti apa yang berhasil dan yang tidak. Untuk memudahkan tahap ini, kita dapat menjawab beberapa pertanyaan tersebut.

  3. ·         Proses apa yang tidak berjalan dengan baik?
    ·         Langkah mana yang mengalami hambatan?
    ·         Langkah mana yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk di selesaikan.

  4. Menciptakan strategi pengembangan bisnis

    Dengan selesainya proses Analisa yang dilakukan, maka sekarang adalah saatnya bagi kita untuk mengembangkan sebuah strategi bisnis untuk pengembangan bisnis kita. Dalam tahapan ini sangat penting untuk kita melibatkan proses-proses yang tidak berjalan baik tadi dan cari tau apa penyebabnya.

Dengan melakukan ketiga point diatas, maka kita akan mencapai suatu titik dimana kita dapat melihat dengan jelas potensi yang dimilliki oleh bisnis yang kita miliki. Dengan begitu akan mudah untuk kita menentukan proses bisnis seperti apa yang akan kita jalankan.

Penting untuk kita ketahui juga bahwa berkat perkembangan dunia teknologi, sekarang ini banyak sekali terdapat software manajemen bisnis yang dapat kita manfaatkan untuk mempermudah kita dalam menyusun sebuah strategi, menganalisa proses bisnis atau hal lainnya yang berhubungan dengan pengembangan bisnis.

Salah satunya adalah software Acumatica ERP. Software ini memiliki berbagai fitur yang dibutuhkan hampir di semua bisnis mulai dari finance, distribution hingga manufaktur sekalipun.

Dengan bantuan software ini, menjalankan dan membuat suatu proses bisnis akan menjadi sangat mudah dan menguntungkan karena data yang dihasilkan selalu real time dan akurat. 

0 on: "Memulai Bisnis Tanpa Proses Bisnis Itu Sama Saja Bohong"