Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

Comment

Popular

Kamis, 13 Oktober 2016

Sistem Manajemen Kinerja Untuk Mengembangkan Perusahaan

Dalam era persaingan bisnis yang ketat, sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki keunggulan bisnis yang mampu mendukung perusahaan untuk dapat bersaing dengan baik. tanpa adanya keunggulan bisnis, sebuah perusahaan akan mengalami kesulitan dalam berhadapan dengan para kompetitor bisnis mereka. Bahkan lebih buruk lagi, mereka dapat tertinggal jauh oleh para kompetitor.



Dalam menciptakan sebuah keunggulan bisnis, sebuah perusahaan harus mampu mengelola perilaku serta hasil kinerja dari seluruh karyawan yang ada. Dengan mengoptimalkan kinerja dari setiap karyawan yang ada, perusahaan nantinya akan dapat memaksimalkan setiap aspek lain secara optimal sehingga dapat berjalan selaras dengan apa yang diharapkan.

Untuk itu, sebuah sistem manajemen kinerja sangatlah dibutuhkan sebagai sarana penting bagi perusahaan dalam mengelola kinerja karyawan yang ada.

Sistem Manajemen Kinerja Karyawan

Sistem manajemen kinerja para karyawan merupakan sebuah ilmu manajemen dimana perusahaan harus dapat memastikan bahwa aktivitas atau kegiatan karyawan dapat selaras dengan tujuan atau target yang telah ditetapkan.

Sistem manajemen kinerja ini sendiri terdiri atas 3 bagian yaitu :
  1. Pendefinisian Kinerja

    Sistem manajemen kinerja dapat menentukan berbagai aspek kinerja yang berarti dan relevan dengan perusahaan, terutama melalui analisis jabatan. Dengan melakukan analisis jabatan, perusahaan dapat mengetahui uraian dari pekerjaan serta spesifikasi yang diperlukan untuk dapat melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan begitu perusahaan dapat mendefinisikan kinerja seperti apa yang harus diberikan oleh karyawan.
  2. Penilaian Kinerja

    Setelah mendefinisikan kinerja, hal selanjutnya adalah mengukur aspek kinerja tersebut melalui penilaian kinerja. Penilaian kinerja yang dimaksud disini adalah suatu proses untuk mendapatkan informasi tentang seberapa baik seorang karyawan dalam melakukan pekerjaannya.
  3. Pemberian Umpan Balik / Reward

    Umpan balik kinerja adalah proses pemberian informasi kepada karyawan mengenai efektivitas kinerja mereka berdasarkan hasil penilaian kinerja yang telah dilakukan. Untuk itu kita harus memberikan umpan balik terhadap kinerja yang dihasilkan oleh masing – masing karyawan yang telah memberikan hasil kinerja sesuai dengan yang diharapkan.
Intinya adalah dengan menerapkan sistem manajemen kinerja karyawan, perusahaan dapat melakukan penilaian terhadap individu karyawan. Dan untuk melakukan itu semua perusahaan membutuhkan suatu sistem yang dapat memudahkan mereka dalam mengelola data – data setiap karyawan seperti sistem HRIS (Human Resource Information System).

Salah satu sistem HRIS yang dapat diandalkan untuk dapat melakukan sistem manajemen kinerja karyawan adalah Haermes HRIS dimana sistem ini dapat menghandel berbagai macam aspek manajemen karyawan dengan sangat baik mulai dari daftar kehadiran (Attendance), penggajian (Payroll), manajemen karyawan (Employe Management) dan lain sebagainya sehingga kita dapat dengan mudah mengoptimalkan kinerja karyawan yang kita miliki.

0 on: "Sistem Manajemen Kinerja Untuk Mengembangkan Perusahaan"